Rabu, 15 Juni 2011

“Yogya Kembali”

Nah sekarang pas kebetulan gw ada di yogya, maka gw akan mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah gw kunjungi sebelumnya. Saksikan terus ya. kamu-kamu semua akan dibawa ke alam bawah sadar bahwa Yogyakarta itu indah sekali.

28 mei 2011

Setelah menempuh perjalanan tiga setengah jam dari wonosobo dengan menggunakan travel rahayu seharga 40rb maka gw minta diturunin di jalan sosrowijayan, jam ½ 4 gw cek in di hotel harum yang beralamat di Jl. Sosrowijayan GT I/78 Yogyakarta tlp. 0274 513043 hotel yang mempunyai motto ”don’t forget to remember” tarifnya adalah 90rb/hari kalo hari biasa dan 100rb/hari kalo sabtu dan minggu, fasilitas yang disediakan kamar mandi dalam, kipas angin dan TV. Satu aja kekurangannya di kamar ga ada colokan listrik buat cas hp jadi kl mau cas hp harus diluar disediakan tempat seperti doposit box yang bisa di kunci. Nah ini dia TV gw perlu banget soalnya dini hari nanti gw mau nonton final Liga Champion antara MU VS BARCA dan kenapa gw harus nonton, soalnya gw taroan hahahahaha dan gw pegang Barca nih.........

Oke dari hotel gw jalan menuju malioboro mal karena ada yang mau gw beli di lantai dasar yaitu tempatnya galeri DAGADU, dilanjutkan nongkrong santai di kopi luwak, gw pesen coffee late caramel harganya 23rb, sambil ditemani marlboro light gw membuka file-file foto dari camera lumix berdaya ledak tinggi atau yang biasa kita sering dengar istilah high explosive 12 mega pixel, gw ketawa sendirian pas liat foto-foto gw sendiri dengan berbagai macam pose baik yang sopan, najong maupun seronok.

The House Of Raminten

Sekitar jam jam 6 an gw baru berasa laper, maka gw memutuskan untuk dinner di house of raminten, dengan berbekal GPS tradisional alias tanya sana sini, maka dengan nekatnya gw berjalan menuju alamat di jl. Faridan M. Noto No. 7 kotabaru Yogyakarta (samping MIROTA bakery) tlp. 0274 547315-586928. jadi gw jalan kaki dari mal Malioboro ke arah tugu yogya,

nah sampai per empatan tugu belok kanan lurus aja jalan nanti bakalan ketemu jembatan nah lewatin jembatan belok ke kanan dan ikuti terus jalan itu maka kalian akan ketemu yang namanya House of Raminten kira-kira kalo jalan kaki sekitar 3 km jadi pulang pergi 6 km dan itulah yang gw lakukan, iya gw jalan kaki sambil lirik kanan lirik kiri cukuplah gw mendapat perhatian dari orang-orang disana.Sampai di house of raminten badan gw keringetan hahahaha, tapi sekaligus seger soalnya mba-mbanya (waiters) semuanya pada pake kemben, terus gw milih duduk di lesehan gitu tiba tiba

mba pake kemben: "mau makan apa mas?"
Gw: "ada mur sama baut mba?"
Mba pake kemben: "hehehe mas ada-ada aja"
Gw: "mbanya yang ada-ada aja, mana saya tau ada makanan apa aja, kasih liat daftar menunya dulu kek"
Mba pake kemben: "ini daftar menunya mas"
Gw: "nah gitu donk, disini yang special apa aja mba”
Mba pake kemben: “ada hot stone steak harganya 20rb dan minumnya susu perawan tancep harganya 8rb
Gw: “oke mba gw pilih itu deh”

Ga berapa lama makanan gw datang wah keren nih malam ini gw makan steak..

Dan minumannya pun datang hahahaha liat aja gelasnya hahahaha...orang-orang disebelah kanan dan kiri pada liatin gw hahahaha.....gw sih bodo amat lah selama gw minumnya pake sedotan ini dan ga minum pake pentilnya hahahaha.....

ada banyak hal yang unik di sini, selain dupa dan temaram lampu, juga ada kuda-di kandangin, suasananya juga akrab dan dibuat senyaman mungkin..
pulangnya dari raminten gw menyusuri jalan yang sama, dan gw mampir di indomaret buat beli aqua ukuran besar sama numpang ngadem hehehe,.
Setelah sampai hotel gw bersiap-siap mau bubu dulu ya guys…mau nonton Final LC nih ntar malem, ceritanya disambung besok lagi okehh…oh iya wish me luck….

29 mei 2011

Horeee…..Barca menang euy…gw menang taroan hahahaha…
Semangat bener pagi ini gw, pagi-pagi itu juga gw menyusuri jalan di Malioboro yang masih sepi buat menuju pasar bringharjo, tujuan gw mau makan pecel di depan pasar.
Harga pecelnya 6rb telor puyuh 3rb dan sate babat goreng 3rb dan teh manis 2rb terlalu mahal ya makan pagi gw tapi enak ko beneran….cobain deh kalo ke yogya.

Setelah sarapan pecel di pasar bringharjo gw cabut ke hotel, untuk pindah hotel karena menurut gw nih hotel ga mantaf ga ada colokan listriknya, maka gw pindah ke Indonesia Hotel di Jl. Sosrowijayan 9 Yogyakarta 55271 tlp. 0274 587659 (deket banget ke Malioboro tinggal loncat-loncat kaya pocong juga udah sampe) harganyapun lebih murah 70rb/hari tapi ga pake TV ya. Buat gw ga perlu lah soalnya udah menang nih hahahaha.

Jam 9 pagi itu gw di jemput sama bp Wahyu dia ini guide sekaligus taksi motor gw selama gw di yogya dengan paket 10jam/80rb include bbm, parkir.

Erupsi Merapi

Tak pernah terpikirkan sebelumnya, kawasan lereng Merapi di Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, akan seramai sekarang. Keganasan erupsi Merapi, yang berlanjut dengan banjir lahar dingin, seakan tertutupi hiruk-pikuk wisatawan dan lalu lalang kendaraan di semua ruas jalan desa yang menyaksikan dampak kedahsyatan letusan Merapi akhir November dan awal Desember tahun 2010. utuk tarifnya di pintu gerbang desa kinahrejo gw bayar 8rb udah termasuk 1 motor dan 2 manusia. Dan jika mau ke rumah Mbah Marijan maka gw harus bayar 20rb untuk jasa ojek dan guidenya, yahhh sekalian membantu penduduk sekitar yang sedang mengalami musibah lah.
Gw menyaksikan sendiri bagaimana Bekas lava panas yang membakar apa saja yang ada di sana, sekarang menjadi obyek wisata menarik bagi pengunjung. Dahan-dahan kering dan puing-puing bangunan, menjadi saksi bisu peristiwa yang merenggut sejumlah korban jiwa manusia, termasuk juru kunci Gunung Merapi, Mbah Marijan. Puing-puing itu terlihat diantara tumpukan lava yang keluar dari perut bumi
Tiga dusun tertinggi yang dekat dengan puncak Gunung Merapi, yakni Dusun Kinahrejo (Desa Umbulharjo), Kaliadem (Kepuharjo), dan Kalitengah Lor (Glahagarjo), kini menjadi daerah tujuan wisata favorit. Kawasan bencana berubah menjadi kawasan wisata.

sekarang gw ada di salah satu rumah warga yang bernama Bp. Wagiran dan Ibu Dalisri

manusia diciptakan Tuhan menjadi makhluk yang sempurna karena memiliki akal, pikiran dan perasaan, tapi ketika makhluk hidup lainnya termasuk alam menunjukkan kekuasaannya, manusia dengan kesempurnaannya itu, tidak ada apa-apanya, semuanya menjadi kecil dan nol besar NOTHING

Ullen Sentalu Museum

Belumlah lengkap kalo ke kaliurang gak mampir ke Museum budaya Jawa, Museum yang sangat kental dengan aura wanita, mungkin karna museum ini seperti ingin menunjukan jati diri wanita-wanita keraton yang selama ini belum banyak diketahui orang dan menjadi misteri bagi sebagian orang.
Nah..kebetulan gw satu rombongan ama bule-bule semua, Cuma gw aja turis lokal tapi rasa impor tentunya hahahahaha……

Beralamat di Jl Boyong Kaliurang, Sleman - Yogyakarta. Tlp.0724-880158, 895161 untuk tiketnya 25rb.Ullen Sentalu merupakan akronim dari "ulating blencong sejatine tataraning lumaku" yang artinya adalah Nyala Lampu Blencong sebagai Petunjuk Manusia dalam Melangkah Meniti Kehidupan. Begitulah menurut mba rini guide kita-kita.
Filosofi ini diambil dari lampu minyak yang dipergunakan dalam pertunjukkan wayang kulit, yaitu blencong. Blencong ini merupakan cahaya yang selau bergerak dalam pertunjukan wayang, diibaratkan sebagai mentari yang menyinari jagat raya, dan manusia harus bergerak untuk menjalani kehidupan..

akhirnya kami dibawa masuk untuk melihat museum ini, didalemnya emang rada-rada mistis.tapi seru bener, banyak barang-barang kebudayaannya, cocok banget buat jalan-jalan sambil nambah ilmu pengetahuan tentang kebudayaan, sayang di dalem tidak boleh di foto tapi ada salah satu lukisan namanya Ratu kencono atau Ratu masdrang gw lupa, jadi lukisan ini jika kita lihat dari depan (lurus) atau dari samping kiri atau kanan maka mata dan sepatu dari lukisan ratu ini akan mengikuti kita, serem kan.......
dan di akhir kunjungan gw disuguhi minuman namanya "kusmayana drink" ramuan tradisional salah satu putri kraton yang di percaya dapat membuat awet muda

Warung Iga Bakar

Tertarik juga gw untuk mencoba iga bakar ini, begitu sampai di jl. Kaliurang km 5,5 yogyakarta tlp. 0274-543707, gw pesen iga bakar lada hitamnya. Selain lada hitam masih ada lagi menu iganya seperti iga bakar garlic, iga bakar barberque dan iga bakar madu, untuk sop2nya ada sop kondro, sop iga.
Pesenan gw datang juga akhirnya oh ya ini namanya iga bakar lada hitam special harganya 35rb, nah untuk rasanya wahh...asli man nendang banget ampe terguling-guling (gw sebenernya makan apa di gebukin sih hihi..)
Kapan lagi gw bisa makan iga bakar seenak ini, lagian juga kalo udah di jakarta balik lagi gw makan ama tempe dan tahu aja. Pokoknya guys..gw sangat rekomen deh untuk makan disini.
Untuk minumnya ada banyak pilihan tapi yang paling banyak di sukai orang-orang adalah honey squash katanya ini minuman penetral kolestrol rasanya sih di dominasi oleh jeruk nipis bikin seger deh...harganya 8rb

Coklat Monggo

Wisata alam yang gw lakukan baik di dieng dan yogya sangat melelahkan sekaligus menegangkan, nah saatnya sekarang bermanja-manja dengan coklat.

Lanjut perjalanan ke pabrik coklat monggo yang masih di komplek kotagede juga. Dengan bangunannya yang menarik serta halaman yang luas, mengundang hasrat dan keinginan yang menggebu-gebu untuk mencoba sekedar melihat-lihat ke dalam.

Woww...ternyata banyak coklatnya (ya iyalah namanya juga pabrik coklat), coklat monggo menyediakan tester semua jenis coklat untuk di cicipi oleh para pembeli. Tidak ada kata kompromi lagi, langsung aja dengan sadisnya serta penuh dengan gairah gw menghabiskan semua tester yg diberikan ampe ”wareg” gw (kenyang)

Tetapi....setelah dipikir-pikir dan di timbang-timbang atas kelakuan gw barusan, barulah kusadari sangat amat menyesal sodara-sodara, kenapa semua tester gw sikat abis, berarti kan mau ga mau gw harus beli, kalo ga beli malunya bakal ampe Jakarta nih...
Emang hebat strategi pemasarannya ya...gw di buat terlena dulu sebelum akhirnya dipaksa merogoh kocek dari saku celana hihihi...
Alamat coklat monggo ada di Jl. Dalem KG III/978 Rt. 043 Rw. 10,Kel. Purbayan Kotagede 55173 Yogyakarta Tel: 0274-7102202

Setelah bermanja-manja dengan dengan coklat akhirnya gw balik ke hotel, mengistirahatkan diri dulu untuk ntar malemnya keluyuran lagi hahahahaha…..

Jam 7 malem gw keluar dari hotel buat menyusuri jalan di malioboro tanpa tujuan juga, jadi seperti orang ilang aja gw jalan sendirian, sampai suatu tempat bernama Mirota Batik gw masuk kesana dan gw menghabiskan waktu 2 jam hanya buat keliling-keliling di Morota aja, setiap barang atau pernik-pernik unik gw pegangin, gw liat, gw rusakin hahahaha....
Dan jam 9 gw sudahi kunjungan gw di mirota (beli ngga, ngacak-ngacak iya hehehe), maka perut pun terasa laper dari mirota gw nyebrang menuju pasar Bringharjo, menurut info intelijen gw didepan pasar ini terdapat 1 grobak yang jual mie goreng jawa yang enak, maka gw coba mencari dan akhirnya ketemu, dan hanya satu-satunya disitu harganya 8rb dan teh manis panas 2rb, rasanya sih menurut gw masih kalah 1 level ama mie goreng jawa yang pernah gw makan di Jl. Lakda Adisucipto. Setelah makan, perjalanan selanjutnya menuju akngringan di Tugu, hanya untuk segelas kopi joss saja hahahaha.

Yang bikin seneng disini walaupun gw sendirian, tapi gw berbaur dengan orang-orang disana, jadi malah gak kesepian malah banyak kenalan baru, banyak pengamen yang nyanyi bareng kita-kita (untuk pengamen jalanannya suaranya bagus-bagus yahhh selevel ama suaranya afgan lah)

Waktu udah menunjukan jam 12 malem ternyata dan gw harus pamit pada mereka semua yang ramah-ramah dan hangat menyapa dan ngobrol kesana kemari sama gw....

30 mei 2011

Ahhh...rasanya waktu cepet bener berlalu ya......
Sekitar jam 7 pagi gw siap-siap mau jalan ke luar hotel buat jalan-jalan pagi..ehhh baru jalan 20 meter dari hotel ada sebuah grobak coklat sederhana dengan dua meja kayu rapuh dan gw melihat tulisan ”jual soto daging sapi” jadi laper deh hahaha...
”bu sotonya setunggal porsi ya” kata gw dan soto pun jadi. Harganya 6rb. Baru mau menyantap sotonya tiba-tiba ada sosok manusia bule menghampiri si ibu yang jualan soto, si bule sambil menunjuk2 soto gw di depan ibu tersebut, maksudnya dia mau makan seperti yang gw makan, maka gw bilang sama ibu itu suruh buatin soto yang sama seperti gw. Dan gw persilakan tuh bule duduk di samping gw ”have a sit dude” dan tuh bule yes, tks

Bule: “what is this?” sambil nunjuk soto gw
gw: “this is call soto, it's very delicious dude (apalagi kalo di bayarin)
Try this soto and you will be addicted (padahal mah rasanya biasa aja hahaa)
Bule: “wow cool”
Gw “what’s your name dude?”
Bule: “I’m andy” and you?
Gw: “john”
Bule: “ho..ho.ho.. same like my father’s name”
Gw: “hahaha, so how do you do dude?”
Bule: “I’m flash paker, now almost 2 month I around asia alone
Gw: “ya cool dude”
Bule: “ so what are you doing here dude”
gw: “just vacation”
Bule: “ oh ya. What is your job john?”
Gw: “I’m working in entertainment industry as a movie star” (gw kibulin hahaha)
Bule: “ho.ho.ho..nice job john, lucky to me to meet you dude”
Gw: “hahaha..thank you”

Hahahaha dia TERTIPU emang enak gw kerjain tuh bule….tapi sangking enaknya ngobrol ama temen baru gw, ga sadar kalo jam udah menunjukan pukul 9 lewat banyak, langsung gw balik ke hotel buat mandi dulu dan dilanjutkan jalan ke bakpia pathok 25 dan gudeg bu djum di wijilan. Dan harus berangkat ke bandara untuk kembali ke dunia sebenarnya, Haduehhhh sulit sekali gw meninggalkan kota ini, orangnya ramah, makanannya murah, tak mengenal perbedaan dan Semua tentang dan yg ada di yogya gw seneng banget

Demikian guys..Perjalanan yang paling hebat dan paling inspiratif dalam sejarah bukan merupakan kisah tentang prestasi pribadi, tetapi merupakan kisah tentang suatu kekuatan yang luar biasa.Karena itu, dari hati yang paling dalam gw menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada para pembaca yang telah meluangkan waktu berharganya untuk membaca sebuah kisah nyeleneh ini.dan ketika km terilhami oleh suatu tujuan yang mulia, suatu proyek yang luar biasa, pikiranmu akan menerjang berbagai pembatasnya. Pikiranmu akan menembus keterbatasan, kesadaranmu akan meluas segala arah. Dan kamu menemukan dirimu berada di dunia yang baru, yang luar biasa dan mengagumkan
Harapan gw adalah kearifan yang terkandung di dalam tulisan ini akan membantu memperkaya hidup kita dengan membuat dunia kita menjadi tempat yang jauh lebih menyenangkan, dan lebih mudah dinikmati, untuk hidup dan bekerja

Dan sayup-sayup lagu merdu dari Dik Doank terdengar mengiringi langkah laki gw untuk PULANG "Kenangan terentang Bagai lukisan terpanjang, Tak pernah bertepi Selalu ada dan menggoda, Bagai tergurat Di relung hati"